6 TIPS WFH AGAR TETAP PRODUKTIF


Banyak perusahaan di dunia memberlakukan sistem kerja dari rumah atau work from home alias WFH karena pandemi virus corona.

Meski kadang kita dituntut untuk WFH, namun produktivitas harus tetap terjaga. Ada beberapa cara untuk meningkatkan produktivitas agar hasil kerja maksimal, mulai menyiapkan ruang kerja yang baik hingga cara berkomunikasi dengan rekan kerja. Berikut 6 tips WFH agar Anda tetap produktif:

1. Siapkan diri memulai hari untuk WFH

Sebisa mungkin, jangan gunakan piyama atau baju tidur untuk WFH. Namun, mandi pagi dan berpakaian yang sopan serta santai membuat kita merasa siap saat WFH.

2. Miliki ruang kerja pribadi

Jika Anda tidak memiliki ruang kerja di rumah, sebisa mungkin buat ruang khusus untuk pekerjaan. Sebab, tidak memiliki ruang kerja saat bekerja jarak jauh dapat menyebabkan penurunan produktivitas.

Jadi, alih-alih berbaring di tempat tidur dengan laptop, cobalah membuat suasana yang kondusif. Cara mengatasinya, bisa memindahkan meja tempat bekerja ke sudut yang jauh dari gangguan, dan menyediakan kursi seperti yang dilakukan di meja kantor.

Keberadaan ruang kerja khusus dapat membuat Anda berkonsentrasi. Ini juga berfungsi sebagai sinyal penting bagi mereka yang tinggal bersama Anda bahwa Anda sedang ‘bekerja’.

3. Membuat batasan jam kerja

Penting juga untuk memberikan batasan jam kerja. Dalam sebuah survei, keluhan WFH yang paling banyak adalah ketidakmampuan untuk memberi batasan saat bekerja.

Selain itu mulai dan akhiri pekerjaan dengan hal-hal yang ringan seperti kopi 20 menit di pagi hari dan kemudian berolahraga tepat setelah bekerja untuk mengawali dan menutup hari.

4. Hindari merasa terisolasi

Pandemi virus corona, tidak jelas berapa lama orang akan di rumah, yang menimbulkan masalah tambahan. Isolasi yang berkepanjangan juga berpotensi berdampak pada moral dan produktivitas.

Selain itu, kesendirian dapat membuat orang merasa kurang termotivasi dan kurang produktif. Jadi, ketika Anda berkomunikasi dengan atasan dan rekan kerja dari rumah, ada baiknya jika sebanyak mungkin komunikasi entah itu tatap muka atau virtual, seperti panggilan video, Skype, Zoom.

5. Tetap menghidupkan komunikasi tim

Virus corona atau bukan, kunci untuk bekerja dari rumah adalah komunikasi yang jelas dengan atasan dan tahu persis apa yang diharapkan dari Anda.

Selama bekerja di kantor, kebanyakan kita menghabiskan waktu di tempat kerja, artinya komunikasi dengan atasan itu mudah dan tanpa usaha. Tetapi, hal itu berbeda dengan pekerjaan jarak jauh terkadang ada gangguan komunikasi karena belum terbiasa dengan komunikasi secara virtual.

6. Tetap semangat

Solusi untuk pekerjaan dari rumah adalah sebanyak mungkin interaksi tatap muka online melalui panggilan video, memberi kabar kepada atasan secara reguler. Terutama, untuk rekan kerja yang hidup sendirian dan mungkin merasa lebih terisolasi dan pertemuan rutin tanpa agenda, seperti meraih kopi atau minuman.

Demikian tips agar kita tetap produktif selama WFH. Semoga pandemi COVID-19 ini segera berakhir.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *