Berbisnis Parfum refill Isi Ulang, Analisa serta Pemasarannya

Toko parfum, Bisnis parfum, Pewangi laundry, harga pewangi laundry, pewangi laundry ekonomis, parfum, parfum ori, parfum pria tahan lama, bibit parfum, parfum eau de toilette, jual parfum original, parfum feromon, parfum pemikat wanita, pewangi pakaian, harga parfum bvlgari, parfum murah, parfum isi ulang, parfum refill, toko parfum, parfum wangi, jenis-jenis parfum,,distributor parfum, parfum arab, parfum halal, parfum kasturi

Pelayanan Ramah Toko Refill Perfum Isi Ulang

Bisnis parfum isi ulang wanginya memang menggoda. Siapa yang tidak senang tampil harum? Setiap orang pasti ingin tercium harum. Anda juga pasti tidak ingin orang-orang mengambil jarak dengan Anda gara-gara bau tubuh yang tidak sedap. Parfum merupakan salah satu produk pengharum tubuh yang saat ini sudah menjadi kebutuhan penting bagi banyak orang.

Parfum bermerek seperti KenzoBennettonLancomeGauthier, dan lainnya amat disukai banyak orang. Sayangnya, harganya bergitu mahal dan hanya segelintir orang saja yang mampu membeli parfum asli bermerek tersebut. Karena harga yang mahal itulah, kini orang-orang mulai melirik parfum isi ulang. Selain harganya jauh lebih murah, wangi parfum isi ulang bisa dibilang hampir sama dengan parfum-parfum bermerek tadi.

Nah, melihat kecenderungan tersebut, Anda dapat memanfaatkannya sebagai peluang bisnis parfum isi ulang. Karena memang prospek yang dimiliki bisnis tersebut masih terbuka lebar dan potensinya yang menjanjikan. Apalagi jika Anda dapat menyediakan parfum isi ulang yang wanginya mirip dengan parfum bermerek terkenal. Semakin mirip wanginya, konsumen akan semakin puas.

Selain memberikan pelayanan yang ramah, dalam bisnis parfum ini Anda harus menyediakan sample khusus yang bisa dicoba (dicium) calon konsumen. Sehingga dapat meminimalisir kekecewaan konsumen yang disebabkan kesalahan dalam memilih aroma parfum. Buat Sahabat PoBis yang ingin terjun dalam usaha parfum isi ulang, berikut ini cara memulai bisnis parfum isi ulang dan juga analisa usahanya.

Cara Memulai Bisnis Parfum Isi Ulang

  1. Siapkan Indra Penciuman.Anda pasti mengira saya bercanda. Bagaimana cara mempersiapkan indra penciuman? Ini serius. Karena bisnis yang hendak Anda geluti ini berkaitan erat dengan bau-bauan. Sama dengan bisnis makanan, harus bisa mencicipi cita rasa makanan untuk bisa mendapatkan hasil masakan yang cocok dilidah banyak orang. Dalam bisnis parfum isi ulang, Anda harus melatih indra penciuman dengan berbagai macam aroma. Sehingga dapat meracik aroma parfum yang pas dan mirip dengan aroma parfum bermerek.

2.     Pilihlah Lokasi Usaha Parfum Refill di Tempat yang Strategis

Pilihlah tempat usaha yang berada diperkotaan karena permintaan terhadap parfum refill paling banyak                      disana.Hal ini dikarenakan gaya hidup masyarakat perkotaan yang lebih sering menggunakan parfum                        dalam kesehariaannya dibandingkan dengan masyarakat dipedesaan.

Setelah itu pilihlah lokasi usaha yang mudah dijangkau oleh pembeli atau pasar yang anda target.                             Kebanyakan permintaan parfum datang dari para pekerja kantoran dan mahasiswa, maka dari itu anda harus           menemukan cara untuk bisa berada dilokasi yang mudah mereka akses.

Sebagai contohnya anda bisa membuka usaha parfum refill di pinggir jalan yang   sering dilewati para pekerja           kantoran sebelum berangkat kerja. Bisa juga anda membuka lokasi usaha yang berada dekat dengan kampus           agar para mahasiswa disana mudah menjangkau lokasi usaha anda.

  1. Jangan Takut dengan Persaingan Dalam Menggaet Konsumen. Pesaing yang menjalankan bisnis yang sama memang banyak, namun jangan jadikan itu sebagai penghalang. Justru pesaing Andalah yang akan turut membesarkan usaha Anda. Karena pesaing-pesaing itu memaksa Anda untuk berpikir dalam mengatasi dinamika persaingan usaha. Kuncinya ada pada produk dan layanan. Jangan lupa juga untuk memanfaatkan media online sebagai sarana promosi dan berjualan. Pengamatan sekilas saya, parfum merupakan salah satu produk yang banyak dicari di dunia maya. Anda dapat memanfaatkan media sosial maunpun website untuk memaksimalkan penjualan parfum isi ulang Anda. Selain itu, Anda juga harus memperhatikan faktor-faktor penting agar usaha sukses.
  2. Siapkan Modal.Selanjutnya setelah ketiga langkah tersebut, Anda baru dapat menghitung modal yang dibutuhkan untuk memulai bisnis parfum isi ulang. Seperti biasa tambahkan biaya operasional untuk beberapa bulan. Karena bisnis Anda kemungkinan tidak akan langsung menghasilkan profit yang sesuai dengan harapan. Pada tahap awal, dimana bisnis belum dikenal luas, mungkin akan belum banyak konsumen yang menyambangi toko parfum Anda. Dari mana uang modal? Anda bisa mendapatkannya dari 3 sumber: uang sendiri.
  3. . Tunggu apalagi… Ayo segera action

Analisa Usaha Parfum Isi Ulang

Modal Awal

  • Etalase: Rp 1.500.000,-;
  • Meja Kursi: Rp 1.500.000,-
  • Lemari Pajangan: Rp 3.000.000,-
  • Belanja Bahan: Rp 5.000.000,-
  • JUMLAH: Rp 11.000.000,-

Biaya Operasional

  • Sewa Tempat: Rp 2.000.000,-
  • Belanja Bahan (Bibit Parfum dan Botol): Rp 7.000.000,-
  • Gaji Karyawan: Rp 2.000.000,-
  • Promosi: Rp 500.000,-
  • Lain-lain: Rp 1.000.000,-
  • JUMLAH: Rp 12.500.000,-

Omset/Pendapatan

Asumsi omset Rp 500.000,- per hari, maka dalam satu bulan:

= Rp 500.000 x 30 hari

Rp 15.000.000,-

Keuntungan/Laba Bersih

= Omset – Biaya Operasional

= Rp 15.000.000 – Rp 12.500.000

Rp 6.000.000,-

Break Event Point

= Modal Awal / Keuntungan

= Rp 12.500.000 / Rp 2.500.000

5 bulan

.

 

Setelah Toko Parfum Berdiri, Apa yang Harus Kita Lakukan  Untuk Mengejar Target  Tersebut?

Bagi sahabat pemula yang belum mengerti tentang seluk beluk bisnis parfum refill isi ulang maka kiat suksesnya diantaranya :.

  1. Belajar Cara Meracik Parfum Isi Ulang

Ini adalah hal yang utama harus sahabat lakukan dahulu, karena kemampuan meracik parfum isi ulang merupakan hal mutlak yang harus sahabat miliki jika sahabat ingin sukses menjalankan usaha ini.

Jangan mengandalkan orang lain meskipun mungkin sahabat mampu untuk menggaji karyawan, karena jika kita mengusai keterampilan sendiri tentu hasilnya akan lebih baik.

Untuk belajar cara meracik parfum isi ulang ini sahabat bisa belajar dari membaca artikel di google ataupun melihat tutorial yang ada di youtube ataupun dengan membeli paket usaha parfumm refill yang sudah lengkap dengan buku panduan usahanya, sehingga sahabat bisa dengan mudah menjalankannya.

 

  1. Kenali Berbagai Macam Merek Parfum Refill Dan Yang Banyak Di Sukai Di Masyarakat

Mengetahui semua jenis merek parfum yang terkenal dan yang banyak di sukai juga sangat di perlukan, karena sangat berhubungan erat dengan pemasaran serta stok parfum yang akan kita utamakan untuk di jual nantinya.

Kalau perlu sahabat lakukan analisis kecil kecilan kira kira mereka parfum apa saja yang banyak di minati masyarakat, sehingga sahabat bisa tahu lebih detail tentang minat masyarakat setempat tentang parfum.

  1. Rajin Promosi

Apapun bisnis yang kita geluti salah satu kunci suksesnya adalah harus rajin promosi baik secara offline ataupun online, karena tanpa melakukan promosi lantas bagaimana orang bisa tahu akan keberadaan bisnis kita.

Jangan ragu juga untuk memberikan harga promo di awal awal kita memulai bisnis ini, hitung hitung untuk memperkenalkan produk kita kepada masyarakat, agar lebih cepat penyebarannya.

Demikianlah tentang analisa bisnis parfum refill isi ulang beserta kiat sukses menjalankannya, semoga bisa bermanfaat untuk sahabat yang membutuhkan.

Salah satu yang membuat saya terartik untuk melakukan analisa bisnis parfum refill ini adalah, karena bisnis parfum refill ini merupakan bisnis dengan produk yang di pakai secara berulang, dimana artinya bisa memungkinkan terjadinya pembelian secara berulang juga.

Sehingga untuk masalah potensi, saya rasa usaha parfum refill ini tidak usah di ragukan lagi, karena sudah menjadi kebutuhan masyarakat untuk menggunakan parfum baik yang menggunakan alkohol maupun tidak.

Apalagi modal awal usaha parfum refill ini sangatlah terjangkau dan bisa di mulai dengan bisnis sekala kecil lebih dahulu, maka sangat cocok buat siapapun yang ingin belajar bisnis dan memiliki usaha sendiri.

Saat inipun sudah banyak distirbutor parfum refiil yang menyediakan paket usaha parfum refill yang bisa di sesuaikan dengan modal yang kita miliki, maka buat sahabat yang ada niatan untuk memulai bisnis parfum isi ulang ini, saya rasa tidak perlu ragu untuk mencoba.

Lalu Apa Tips-Tips Lainnya Agar Usaha parfum refill isi ulang kita sukses secara kontinyu ?

Untuk meraih kesuksesan dalam usaha toko parfum refill isi ulang maka ada beberapa tips jitu yaitu :

       4. Pahami Prospek Usaha

Usaha parfum refill dapat dikatakan sebagai jenis usaha paling laris di pasaran yang memiliki potensi yang baik dimasa depan. Hal ini dikarenakan penggunaan parfum bukan ditetukan berdasarkan musim tertentu atau bulan-bulan tertentu. Masyarakat menggunakan parfum untuk menunjang hampir sebagian besar aktivitas mereka.

Jadi selama anda mampu menyediakan jenis parfum yang banyak diminati dipasaran, prospek usaha parfum refill yang dijalankan akan terus manggiurkan untuk dijalankan.

      5. Membuat Sistem Usaha Kemitraan Parfum Isi Ulang

Untuk menjaga agar konsumen kita tetap setia pada produk kita maka perlu diadakan sistem kemitraan dalam bentuk Distributor, Keagenan dan Reseller. Dengan adanya sistem kemitraan tersebut konsumen /mitra usaha kita akan secara kontinyu pelakukan pemesanan produl refil parfum isi ulang yang tentunya akan memajukan usaha toko kita.

      6. Bibit Parfum yang Berkualitas

Faktor yang menentukan banyaknya pelanggan yang datang ke tempat usaha anda adalah kualitas parfum refill yang ditawarkan. Meskipun anda telah mendekorasi ruangan dengan semenarik mungkin ditambah dengan kebersihan ruangan usaha tapi jika kualitas parfum yang anda tawarkan buruk, pelanggan pasti tidak akan kembali lagi datang ketempat usaha anda.

Lalu bagaimana agar kualitas parfum yang ditawarkan disukai oleh banyak pelanggan anda ?

Pertama adalah kemampuan anda untuk menyediakan bibit parfum yang memiliki kualitas yang terbaik untuk para pelanggan. Caranya adalah dengan mencari dan bekerjasama dengan distributor bibit parfum yang telah terbuti memiliki kualitas. Jika anda telah menemukan distributor tersebut ajaklah bekerja sama untuk keberlangsungan usaha anda.

Kedua, anda harus mengetahui aroma parfum yang disukai oleh banyak pelanggan anda. Sehingga dengan mengetahui permintaan para pelanggan anda dapat dengan mudah menyediakan bibit parfum untuk mereka.

Usahakan anda memiliki aroma parfum yang maskulin dan juga feminim untuk menyediakan permintaan dari pelanggan pria dan juga wanita. Hal ini perlu anda lakukan karena yang datang untuk membeli parfum ditempat anda bukan Cuma salah satu jenis gender saja tapi juga keduanya.

Selanjutnya, pahami juga cara menyimpan bibit parfum agar kualitas wanginya tetap baik dan tidak berubah. Pelajari lebih lanjut teknik ini dengan aktif bertanya dengan orang yang telah lebih dahulu memulai usaha parfum refill. Jika anda tidak mengetahui teknik penyimpanan bibit parfum, maka ini akan mempengaruhi kualitas parfum yang dihasilkan.

Kualitas parfum yang kurang baik akan menjadikan para pelanggan tidak akan kembali lagi untuk membeli parfum ditempat anda.

parfum, parfum ori, toko parfum, bvlgarin botol parfum, distributor parfum, parfum pria, parfum cowok, parfum cewe, parfum wanita

        7. Berikan Botol Parfum yang Beragam

Hal selanjutnya yang harus anda perhatikan dalam memulai usaha parfum refill adalah ketersediaan beraneka macam botol parfum pada tempat usaha anda. Ketersediaan berbagai macam botol parfum ini membuat para pelanggan anda akan lebih mudah menentukan berapa ukuran yang akan mereka beli dengan menyesuaikan dana yang dimiliki.

Idealnya anda harus menyediakan botol ukuran 3 ml- 12 ml untuk bibit parfum dan botol ukuran 15 ml – 100 ml untuk parfum yang disemprot.

Selain ukuran botol yang bervariasi, anda juga perlu menyediakan botol parfum yang unik dan berbeda dari penjual parfum yang lain. Hal ini untuk memberikan nilai tambah dari usaha yang anda jalankan dibandingkan dengan usaha lain yang serupa dengan anda.

Botol parfum yang unik tentu akan menjadikan para pelanggan lebih tertarik untuk membeli parfum ditempat anda. Tampilan yang lebih menarik menjadi faktor utama mengapa banyak dari pelanggan yang menyukai botol yang unik untuk tempat parfum mereka.

      8. Teknik Mencampur Bibit Parfum

Hal selanjutnya yang harus anda perhatikan sebelum memulai usaha parfum refill adalah dengan memahami cara mencampur bibit parfum yang ideal agar memiliki aroma yang tahan lama saat digunakan.

Kemahiran anda mencampur bibit parfum akan menentukan kualitas parfum yang anda hasilkan untuk para pelanggan dan akhirnya akan menentukan kepuasan pelanggan yang datang ke tempat usaha anda.

Teknik dasarnya adalah semakin banyak bibit parfum yang anda gunakan maka wangi yang dihasilkan akan semakin tahan lama. Namun dengan mempertimbangkan laba dan rugi tidak mungkin parfum yang ditawarkan 100 % bibit parfum karena itu tentu akan mempengaruhi harga jualnya.

Mengatasi masalah ini adalah lebih baik anda memberikan campuran dengan perbandingan 1 : 1, yaitu 50% bibit parfum dan 50% sisanya cairan alkohol yang khusus untuk parfum. Jadi dengan cara seperti ini misalnya ada pelanggan anda yang membeli 90 ml minyak wangi dari anda, maka campuran ideal yang pas adalah 45 ml bibit parfum dan 45 ml alkohol.

Tapi bila konsumen anda ingin mendapatkan kualitas parfum isi ulang yang lebih baik maka campurannya adalah 2:1 yaitu dua bagian untuk bibit parfum refill dan satu bagian untuk alkohol sebagai campurannya.

        9. Mulailah Menjajal Pembeli Online dalam Pemasaran Refil Parfum Isi Ulang

Pasar online merupakan pasar yang patut anda coba untuk memperluas pasar dari usaha parfum yang akan dijalankan. Sehingga disaat anda mulai memasarkan parfum via online, pembeli akan berdatangan dari seluruh penjuru Indonesia bukan Cuma disekitar wilayah tempat tinggal anda saja.

Tidak perlu khawatir jika anda tidak memiliki kemampuan untuk membangun website tempat anda memasarkan produk parfum. Anda bisa menggunakan berbagai macam marketplace yang tersedia gratis sebagai tempat anda berjualan di dunia maya. Tokopedia dan Bukalapak merupakan beberapa contoh marketplace yang bisa anda coba untuk menawarkan produk parfum via online.

Kedua marketplace diatas telah memiliki pengunjung yang sangat banyak setiap harinya. Jadi, dengan demikian anda sebagai pelaku usaha sudah dimudahkan dengan hal ini karena tidak perlu lagi capek-capek memasarkan barang dagangan anda.

Namun, hal yang perlu anda perhatikan saat memasarkan via online adalah kemampuan anda mengolah tampilan foto dan deskripsi produk yang menarik. Tampilkanlah foto parfum yang dijual dengan menarik dan jernih untuk dilihat pelanggan. Tampilan foto yang menarik merupakan salah satu faktor para pelanggan membeli barang yang dijual via online.

Tambahkan pula deskripsi foto dan produk semenarik mungkin agar para pengunjung yang datang semakin tertarik dengan produk yang anda tawarkan. Berikan kelebihan produk yang anda tawarkan dan jaminan yang anda tawarkan kepada mereka.

         10. Kaidah Berdagang Online

Namun dalam menjual produk parfum secara online anda harus mematuhi beberapa kaidah yang berlaku, tujuannya agar pelanggan tidak merasa tertipu dengan anda selaku penjual.

Pertama, anda tidak diperkenankan menggunakan foto yang diambil dari internet atau foto milik orang lain. Fotolah produk anda yang sebenarnya untuk dipasang dimarketplace yang menjadi tempat anda berjualan. Foto yang diambil dari internet tidak 100% sama dengan produk yang anda tawarkan walaupun memiliki kesamaan. Hal ini akan membuat para pelanggan anda kecewa jika tetap anda lakukan.

Kedua, anda tidak boleh mendeskripsikan produk secara berlebihan. Deskripsikanlah produk apa adanya dan ungkapkan fakta produk dan kelebihan yang sebenarnya dan bukan dibuat-buat. Deskripsi prosuk yang berlebihan tidak akan membuat para pelanggan lebih percaya dengan produk yang anda tawarkan, mereka pasti akan meragukan produk yang anda tawarkan.

Jadi, jika anda memilih untuk memasarkannya via online lewat marketplace jangan pernah lupakan aturannya agar usaha yang anda jalankan tidak membuat anda merugi.

Demikianlah tentang analisa bisnis parfum refill isi ulang beserta kiat sukses menjalankannya, semoga bisa bermanfaat untuk sahabat yang membutuhkan.